Pengalaman, tulisan, gagasan, opini dan ide-ide Cut Vivia Talitha, cewek SMA yang punya segudang hobi dan cita-cita dari membaca, menulis, computing, menyanyi, dan lain-lain yang kurang tersalurkan. Yang penting, 'Jika orang lain bisa, maka aku pasti lebih bisa!'

Ini Perbedaan Passion dengan Hobi!

perbedaan passion dengan hobi pentingnya mengetahui
Passion and hobby. Dua hal yang nyaris serupa. Namun tak banyak yang menyadari, bahwa serupa bukan berarti sama. Kita masih sering mengernyitkan dahi, begitu ada yang menanyakan;

Apa sih bedanya passion dengan hobi?’ 

Atau 

‘Apa sih passion dan hobi kamu?’

jambanblogger captured thread
Masa pencarian jati diri
Memang, masa remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju ke dewasa, di mana kita masih harus mencari jati diri masing-masing. Tak heran, jika sebagian akan galau kebingungan dalam masa-masa ini. Seringkali ada yang mengambil jalan 'belok' dan lantas mendapat predikat remaja suram. Namun, sebagian yang sudah mendapat arah cenderung optimis untuk dapat meraih masa-masa keemasan. Sebagai ilustrasi, mari kita bandingkan dialog berikut:

Remaja suram (A) dan temannya (B):
B: "Bro, lu rencana habis SMA ini mau lanjut ke mana?"
A: "Nggak tau Bro, di mana yang lulus aja deh."
B: "Nggak takut lu kalo nggak keterima?"
A: "Kalo nggak diterima ya cari tempat lain Bro, repot amat."
B: "Hahaha gila lu. Ntar dapet sejejer pasar ikan gimana!?"
A: "Ya udah berarti kemampuan gue ya segitu-segitu aja."
Remaja berpotensi (A) dan temannya (B)
B: "Bro, lu rencana habis SMA ini mau lanjut ke mana?"
A: "UGM Bro, doain gue ya!"
B: "Wah keren tuh! Lu mau ambil jurusan apa?"
A: "Teknologi Informatika. Gue udah ngerasa passion gue di situ, Bro!"
B: "Mantap! Kejar terus impian lu! Semoga bisa keterima!"
A: "Amin, lu juga ya!"
Sangat kontras, bukan? Yang satu sangat menggantungkan diri pada lingkungan, sementara yang satu lagi cenderung optimis dengan masa depan. Yang satu merasa tidak memiliki passion, semangat dan hasrat apa pun, sementara yang satu lagi mau menelaah lebih jauh tentang apa yang dimilikinya. Tentu saja setiap orang memiliki kemampuan yang unik, tinggal bagaimana cara kita mengembangkannya.

Nah, lalu apa sebenarnya pengertian dari passion?
Passion adalah semangat besar akan suatu hal yang kita senangi, saking kita memiliki ketertarikan pada hal tersebut. Di sisi lain, passion itu kemudian melekat di dalam diri.  Kebanyakan orang belum mendapatkan passion mereka, namun ketika mereka menemukannya, mereka ada yang sampai lupa waktu dan tak bisa lepas dari hal tersebut.
Contoh, ada orang yang memiliki passion di bidang seni, modeling, bahkan tekhnologi. Tentu kita tidak merasa asing dengan seseorang yang mencintai dunia komputer. Bahkan ada yang saking besar passion tersebut dalam dirinya,sampai lupa mandi dan makan seharian. Bisa jadi mereka telah menemukan passion-nya sendiri. Tidak tenang rasanya jika tidak berkutat dengan PC meski hanya sehari. Itulah mengapa, menggunakan passion dalam berkarir akan berdampak besar. Karena sejak awal telah melekat passion tersebut di dalam dirinya, sehingga lebih besar kemungkinan ia mencintai pekerjaannya.

Lalu bagaimana dengan hobi?
Hobi adalah hal-hal yang kita suka dalam menjalaninya sehari-hari, namun tidak selalu memerlukan semangat besar atau penjiwaan kuat di dalamnya. 
Contohnya seperti memancing, jalan-jalan, shopping, membaca, dll. Siapa pun yang menyukainya dapat melakukannya dengan mudah, atau paling tidak dengan sedikit pembelajaran. Sangat berbeda dengan passion. Mungkin kita menyukai sesuatu, tapi belum tentu bisa mencintainya.

Namun tak bisa disangkal, bahwa dari hobi itulah seseorang dapat menemukan passion mereka. Hobi/kesenangan itu yang akan menuntun, memberi sinyal atas apa yang mampu untuk dijiwai. Saat kita mampu menjadi produktif dalam suatu hobi dan merasakan kebebasan (freedom) dalam menjalaninya... SELAMAT! Kita telah menemukan si passion.
Meski demikian, passion bukan segala-galanya. Semua kembali kepada diri masing-masing. Bagaimana pandangan kita dalam melihat suatu hal akan mempengaruhi passion itu sendiri. Dengan ikhlas menjalani dan terus belajar, lama-lama passion itu akan terbentuk dengan sendirinya. Semua orang terlahir ke dunia tanpa apa pun, semua orang mampu untuk melakukan hal yang sama jika mereka terus belajar dan menikmatinya.

Intinya, passion berbeda dengan hobi, namun sangat erat kaitannya. Ibarat makna suka dengan cinta, dua hal ini sulit dipisahkan. Menemukan passion kita dari sekarang akan menjadi persiapan yang lebih matang, terutama bagi remaja yang sedang mencari jati diri, juga arah dan tujuan ke mana kaki hendak dilangkahkan. Yang terpenting, Percayalah dalam dirimu ada sesuatu yang bisa kamu banggakan, maka seiring waktu berjalan pasti  akan kamu temukan.

Cut Vivia Talitha
Tag: All, Motivasi, Opini
29 Komentar untuk "Ini Perbedaan Passion dengan Hobi!"

waah aku juga lg nyarii passion, doain ya mbak?!

Semoga cepet ketemu ya passionnya! :)

Widih2,,, makin mateng tulisanya vit (y)

Thanks. Ayo sama2 belajar lagi. :)

Duh..jd inget dulu gue adlh anak muda yang gak tau tujuan..temen sebangku niat banget jadi arsitek dan gue ikutan..itu tujuan orang lain yang gue jadiin tujuan gue juga. Yang penting gue tanggung jawab..

Nikmatin prosesnya, gue sempat jadi asdos juga dan akhirnya lulus dari pendidikan S1 arsitektur dengan IPK diatas 3 (gak sampe cum laude), sekarang diterima di S2 arsitektur UGM..

Jadi itu passion? Mungkin iya, mungkin juga nggak.. Arsitektur gue dapat dari orang lain, jalani proses, dan nikmati hasil..

Kalau dipikir2, passion atau nggak, hobi atau ngga, semuanya bisa dilakukan asal udah biasa (terlatih), dan itu yang bakal bikin kita ahli dan menghasilkan..

Kesimpulannya, menurut gue nih ya, jangan terpatok "passion gue apa ya? Hobi gue apa ya?" lakuin aja dulu apa yang lo bisa atau apa yang lo mau, ntar juga nemu sendiri tanpa dicari..lakuin aja yang terbaik dari lo dalam hal yang sedang lo lakukan..

good luck :)

Masa-masa yang sulit ya Kak. :D
Benar juga ya, sesuatu selama kita mau menjalani dengan tulus pasti akan menyenankan juga. Yang penting semangat untuk menekuninya iitu ada.
Komentarnya menginspirasi Kak, bisa buat perbaikan postingan ini.
Terima kasih hehe. :)

Wah, baru liat sekilas aja udah keren ini postingannya... Good Job Via :)

gue setuju sama pendapat lo. emang bener, passion itu suatu hal yang dapat bikin orang lupa waktu, dan lupa segalanya. karena saking seneng dan menjiwai hal tersebut. malahan, kalo hal itu nggak dikerjakan, sperti ada yang kurang. klo tambahan gue sih gtu. hehe

bner, hobi itu memang bisa membuat diri kita mulai mengetahui apa passion kita yang sesungguhnya. kren nih tulisannya. salam kenal ya.

Tulisan yang menarik via, tentu ini bisa mengarahkan teman-teman untuk tahu akan hobi serta apa passion-nya ke depan :)

Perfecto. :D Salam kenal juga!

KERENN !! sangat menginspirasi... :D

Passion versi ane ituadalah keinginan yang menggebu-gebu dari dalam diri seseorang, tapi kalau hobi tidak menggebu-gebu melainkan orang rilex melakukan sesuatu karena ada unsur suka. thanks penjabarannya yang lebih lanjut

Artikel yang bermanfaat sekaligus memberi saya informasi lebih lagi :)
Cuman informasi sekaligus blogwalking aja :)
Ada template baru di blog ane gan :)
Pemaline Blogger Template

Penting banget nih ngertiin hobi sama passion. Biar pas kuliah gak salah jurusan, pas kerja juga nyaman,. :)

saya si sederhana, ketika kita sedang berada di titik yang sangat jenuh dan bisa melakukan hal itu lag dengan perasaa yang wah itu passion :)

mampir" ke blog saya yaa

Ok, thanks for the another version. :D

Nah, bener banget tuh. Pekerjaan yang baik itu pekerjaan yang bisa kita cintai. :)

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

SETUJU BRODS! passion itu dimana lo merasa bergairah saat masuk ke dunia itu (apapun itu jenisnya) , kaya gue yang nggak ngerasa dirugiin ketika begadang lembur ngedesain sampe pagi cuma buat menuhin keinginan klien yang aneh-aneh,

kalo gitu, passion sama Sukma/Jatidiri/Karisma sama gak ya hehe

Benar banget, passion itu seperti dorongan diri dari dalam dan kuat. saat menjalani passion yang disukai rasanya enjoy banget!

TRADING ONLINE
BROKER AMAN TERPERCAYA
PENARIKAN PALING TERCEPAT
- Min Deposit 50K
- Bonus Deposit 10%** T&C Applied
- Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

Berkomentarlah sesuai topik dan dilarang melakukan SPAM serta menyertakan LINK AKTIF.

Back To Top